oleh

Kemensos Bentuk KSB Berbasis Masyarakat di Kecamatan Cibaliung

Foto bareng KSB Cibaliung dan Instruktur Tagana di Halaman Kantor Kecamatan Cibaliung

PANDEGLANG, SEKILASINDO.COM – Dalam rangka menanggulangi Bencana  Kementerian Sosial (Kemensos) bentuk Kampung Siaga Bencana (KSB)di beberapa titik yang sangat rawan Bencana terutama di Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang.

Pembentukan KSB ini melibatkan dari berbagai unsur seperti Tagana,TKSK, Karangtaruna, Kader Kesehatan, Pol PP, Kebidanan, juga Masyarakat.

Dedi Turjana Instruktur Nasional Taruna Siaga Bencana (Tagana) Mengatakan penyuluhan ini untuk mengetahui bagaimana dalam menangani penanggulangan bencana. Sebab peran Masyarakat dalam menanggulangi Bencana itu sangat penting.

“kita Berikan Penyuluhan juga Pemahaman bagaimana cara penanggulangi bila Bencana datang, karena masyarakat lebih tahu akses dan keadaan lingkungan di sekitarnya, apalagi jarak Kecamatan Cibaliung–Serang lumayan jauh,” ungkap Dedi.

Ia menjelaskan bahwa dengan diadakannya pelatihan dan simulasi dalam rangka pembentukan KSB ini, diharapkan maka masyarakat akan saling peduli dan kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat gotong-royong dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di lingkungan masyarakat.

”Pembentukan Kampung Siaga Bencana diadakan di Kecamatan Cibaliung karena di beberapa Desa khususnya di Desa Cibaliung ini dijadikan tempat pengungsian, terlebih kawasan pesisir yang ada di Kabupaten Pandeglang belum lama ini mengalami bencana tsunami, serta masuk dalam kategori kawasan beresiko bencana menurut Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI),” jelasnya.

Sementara itu, Camat Cibaliung, Djaya Sumarna, S,Pd.M.S mengatakan, dengan diadakannya latihan dalam rangka dibentuknya KSB itu akan melatih kesiap siagaan masyarakat dalam menanggulangi bencana yang berbasis masyarakat dan gotong-royong. Dan dia berharap seluruh SKPD khususnya Dinas Sosial siap ikut mendukung warga masyarakat dalam menanggulangi suatu bencana.

”Selain melatih kesiap siagaan dan juga kepedulian terhadap bencana, kegiatan ini juga untuk memperkuat hubungan sosial antara masyarakat di Lokasi ini. Karena tempat ini punya memori sendiri bagi saya sewaktu menghabiskan masa kecil sampai remaja.” Ucap Djaya. (Hadi).

News Feed