Uncategorized

SAKIP Awards 2018, Pemkab Gowa Berada Posisi ke Kedua Tingkat Provinsi Sulsel

×

SAKIP Awards 2018, Pemkab Gowa Berada Posisi ke Kedua Tingkat Provinsi Sulsel

Sebarkan artikel ini
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat menerima penghargaan dari Menteri PAN-RB, Syafruddin di acara SAKIP Award 2018 di Hotel Four Point By Sheraton (19/2)

GOWA, SEKILASINDO.COM- Pemerintah Kabupaten Gowa berhasil mempertahankan Predikat ‘B’ dan berada diperingkat kedua untuk tingkat Provinsi Sulsel Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018. Hasil kinerja ini dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin, kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada acara SAKIP Awards 2018 Wilayah III, yang berlangsung di Hotel Four Point By Sheraton, Makassar Selasa (19/2/2019)

Click Here

Selain Kabupaten Gowa, ada lima Kabupaten/Kota yang meraih predikat B di Sulawesi Selatan, yakni Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Bulukumba, dan Kota Makassar.

Menurut Kabag Ortala, Alimuddin, Gowa mampu mempertahankan predikat B tapi ada kenaikan nilai dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun ini kita berhasil mempertahankan predikat B dan menaikkan nilai SAKIP. Hasil evaluasi kinerja memperlihatkan kita mendapatkan nilai 62,80 dari penilaian yang dilakukan tim. Tahun sebelumnya perolehan nilai Pemkab Gowa 61,16,” jelasnya.

Hasil yang diraih oleh Kabupaten Gowa cukup disyukuri oleh orang nomor satu di Gowa ini. Namun dirinya tetap bertekad untuk mendapatkan capaian yang lebih baik di tahun depan.

“Apa yang kita raih hari ini harus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan. Ukuran kinerja kita tidak akan berjalan sempurna jika tidak ada kebersamaan. Makanya saya tetap mengingatkan seluruh unit kerja di daerah untuk tetap bekerja lebih baik lagi,” tutur Adnan.

Sementara, MenPAN RB dalam sambutannya mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah III berhasil menghemat anggaran hingga Rp 6,9 Triliun dalam tahun 2018. Penghematan ini diperoleh melalui cross cutting program yang kurang sesuai, untuk kemudian dialihkan melalui refocusing program sehingga anggaran tepat sasaran.

“Melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintah diubah, bukan lagi hanya melakukan program yang dianggarkan, tetapi cara paling efektif dan efisien mencapai sasaran. Efisiensi atau penghematan yang berhasil dicapai dengan SAKIP, bukanlah kebocoran,” katanya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan.

“Olehnya itu, Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) tidak habis-habisnya memberikan pendampingan kepada setiap pemerintah daerah guna menggelorakan perubahan di masing-masing daerah agar tata kelola kinerja seluruh kementerian/lembaga dan pemda, serta program programnya dapat berjalan secara tepat sasaran, efektif dan efisien,” tambah Syafruddin.

Diingatkan juga bahwa penyerahan hasil evaluasi SAKIP bukan menjadi ajang menang atau kalah, bukan juga menjadi sebuah kompetisi tentang angka dan nilai, namun lebih dari itu sebagai sebuah milestone atau peninggalan para abdi negara dalam menciptakan perubahan kinerja.

“Setelah sekian lama perjuangan mencapai titik ini, tidaklah berhenti dan berakhir disini, melainkan terus memperbaiki tata kelola pemerintahan yang lebih baik, dan lebih baik lagi  di tahun mendatang,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi pada penerimaan penghargaan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis Kepala Bappeda Gowa, Taufiq Mursad, Kepala Inspektorat, Kamaluddin. (Shanty)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d