oleh

Tahun Ini, SMPN 1 Bontomarannu Menuju Sekolah Adiwiyata

Kepala SMP Negeri 1 Bontomarannu, Nurdin Palalang

GOWA, SEKILASINDO.COM- Semua sekolah yang ada di Kabupaten Gowa, sekarang ini tengah gencar- gencarnya mengikuti program Adiwiyata, salah satunya SMP Negeri 1 Bontomarannu yang terletak di jalan poros Malino, Kabupaten Gowa.

Dimana program Adiwiyata itu salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Tahun ini, kami baru siap menuju Sekolah Adiwiyata, dimana semua kriteria sekarang ini kami sudah lengkapi,” ucap Kepala SMP Negeri 1 Bontomarannu, Nurdin Palalang, saat dikonfirmasi oleh awak media, Rabu (13/2/2019)

Ada empat kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi Sekolah Adiwiyata yaitu pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

“Diantaranya visi dan misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup.

Serta pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif serta pengelolaan atau pengembangan sarana pendukung sekolah.

“Hanya yang belum terwujud, tinggal kami bank sampah yang belum ada, kalau untuk green house, tanaman obat keluarga, serta yang lainnya sudah kami lengkapi,” jelasnya.

Bank sampah itu harus ada tempatnya yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah.

Jadi hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah itu akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.

“Sekarang ini, kami sedang menjajaki, mencari mitra yang bisa diajak kerja sama untuk sampah yang sudah dipilah- pilah oleh siswa,” terangnya.

Dengan adanya bank sampah ini sangat bermanfaat sekali nantinya, karena siswa bisa memahami pentingnya dengan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. (Shanty)