oleh

Mengenal Lebih Dekat Sosok Wakasek, Sang Inovator SMPN 45

Wakil Kepala Sekolah SMPN 45 Makassar, Hamriah, S.Pd., M.Pd

MAKASSAR, SEKILASINDO.COM — Sosok dibalik suksesnya berbagai inovasi yang dicapai SMPN 45 Kota Makassar tidak lepas dari tangan dingin wakil kepala sekolah SMPN 45 kota Makassar, ibu Hamriah, S.Pd., M.Pd. meski sekolah ini masih terbilang baru tetapi manjadi perhatian khusus.

Hamriah kini berpangkat pembina TK.I / IV.b lahir 5 Juli 1970 di Awerange Desa Batu Pute Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Anak ke-2 dari 7 bersaudara, adik kandung dari Prof. Baharuddin Hamzah, ST., M.Arch., Ph.D yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Fakultas Tekhnik Unhas. Menyelesaikan studinya di Unhas tahun 1993, nasib baik mengantarkannya di tahun berikutnya di angkat menjadi CPNS pada tanggal 1 Januari 1994 di Kendari Sulawesi Tenggara.

Pada tahun 1996 pindah tugas di SMP Negeri 2 Makassar. Selama di SMP Negeri 2 Makassar pernah menjabat Kepala Laboratorium IPA selama ± 15 tahun, Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik/Kurikulum selama 1 tahun, Koordinator Asessor Penilaian Kinerja Guru (PKG) tahun 2014 – 2016.

Selain tugas tambaham di sekolah, Hamriah pernah menjadi Instruktur K13 Tingkat Kota Makassar tahun 2014 – 2016, menjadi penulis soal Ujian Nasional tahun 2015 dan 2016.
Ia juga tercatat aktif di kegiatan Usaid Prioritas yang bergerak di bidang peningkatan mutu guru pendidikan dasar bekerjasama dengan LPTK UNM tahun 2013 – 2017.

Di bidang organisasi pernah menjabat seksi pemberdayaan perempuan PGRI cabang Ujung Pandang dan pengurus MGMP IPA Kota Makassar sampai sekarang. Selama 24 tahun masa kerjanya telah memperoleh penghargaan Satya Lancana 10 Tahun dan 20 Tahun dari Presiden RI.

Tahun 2015 pernah mengikuti lelang jabatan Kepala Sekolah yang dilaksanakan oleh Pemkot Kota Makassar dengan kategori lulus tes tulis dan wawancara dan pada tahun 2017 mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah yang diselenggarakan oleh LP2KS dan telah memiliki sertifikat Kepala Sekolah dan NUKS.

Pada bulan Juli 2018 dimutasi ke SMPN 45 Makassar yang merupakan sekolah baru pemekaran dari SMPN 2 Makassar. di SMPN 45 Makassar inilah di percayakan sebagai Wakil Kepala Sekolah. Meski terhitung sekolah baru tetapi telah melakukan terobosan-terobosan yang tidak kalah dengan sekolah-sekolah lainnya di antaranya pembelajaran dan penilaian berbasis IT, penilaian tengah semester dan akhir semester secara onlime serta telah menggunakan aplikasi e-rapor untuk semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal tersebut tidak lepas dari ide dan kerja keras Wakil Kepala Sekolah bersama seluruh stakeholder SMPN 45 Makassar.

Kedepannya ia bertekad dan terus berupaya untuk menjadikan SMPN 45 Makassar sebagai sekolah yang melahirkan generasi yang santun, cerdas dan berprestasi dan senantiasa mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Kota Makassar sebagai Kota Dunia. (*)

News Feed