NasionalPolitik

LSI Denny JA: Jokowi Unggul di 5 Kantong Suara, Prabowo di Kalangan Terpelajar

×

LSI Denny JA: Jokowi Unggul di 5 Kantong Suara, Prabowo di Kalangan Terpelajar

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, SEKILASINDO.COM – LSI Denny JA merilis rangkuman hasil survei terkait elektabilitas capres-cawapres di enam kantong suara. Dalam enam kantong suara versi LSI Denny JA, sebanyak lima dimenangi pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin.

Click Here

Rilis hasil survei Denny JA kali ini hanya menyebutkan keterangan waktu pengambilan data, yakni pada Januari 2019. Berdasarkan rilis sebelumnya, LSI Denny JA melakukan survei seusai debat perdana Pilpres 2019, yakni pada 18-25 Januari 2019, dengan 1.200 responden menggunakan multistage random sampling.

Kantong suara pertama versi LSI Denny JA adalah pemilih muslim. Dari 85,8% responden muslim, sebanyak 49,5% memilih Jokowi-Ma’ruf Amin dan 35,4% memilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Selanjutnya kantong suara kedua adalah pemilih minoritas, yakni sebanyak 14,2% dari responden. Dari persentase tersebut, sebanyak 86,5% memilih Jokowi-Ma’ruf dan 4,7% memilih Prabowo-Sandiaga.

Kemudian pada kantong suara ketiga, yakni wong cilik, dengan jumlah 50,3% dari total responden. Sebanyak 58,4% di kategori wong cilik memilih Jokowi-Ma’ruf dan 24,7% memilih Prabowo-Sandiaga.

Kantong suara emak-emak dengan basis 50% dari responden juga dimenangi Jokowi-Ma’ruf. Sebanyak 57% dari persentase itu memilih Jokowi-Ma’ruf, sedangkan 27,8% pilih Prabowo-Sandiaga.

Kantong suara kalangan terpelajar, yang terdiri atas 11,5% responden, dimenangi oleh Prabowo-Sandi. Angka yang memilih Jokowi-Ma’ruf hanya 37,7%, sedangkan yang memilih Prabowo-Sandi ada 44%.

Terakhir adalah kantong suara kelompok milenial, yang terdiri atas 44,9% responden. Jokowi-Ma’ruf unggul dengan 52,6% dari persentase milenial, sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapatkan 33,8%.

Sumber : detik.news.com

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d