oleh

Tinjau Panen Mentimun KWT, Camat Jiput Beri Pembinaan Sumber Daya

PANDEGLANG, SEKILASINDO.COM – Camat jiput melakukan pemantauan terhadap kebun timun Kelompok Wanita Tani ( KWT ) binaan Bapak Ujang di Desa Sukamanah, Kecamatan Jiput , Pandeglang Banten, Rabu ( 30/1/19 ).

Kehadiran Camat jiput yaitu ingin melihat langsung kondisi tanaman kebun timun yang sedang dipanen oleh KWT ( kelompok wanita tani )

Terlihat di lokasi Camat Jiput, Yetty Nurhayati di dampingi oleh Kepala Desa Sukamanah, Sunarya, Korwil pendidikan M Yunus, Binwil H Agus sumardani, Mereka berkeliling di areal kebun timun sambil memperhatikan kondisinya.

Camat jiput Yetty menyebutkan Dalam rangka kunjungan ke Desa bukan hanya ke kantor desa tapi terjun langsung ke tempat kegiatan masyarakat Jiput.

“Saya ingin lihat langsung kondisi masyarakat Jiput, di sini saya berikan pembinaan sumber daya agar lebih bagus lagi. Kebun timun ini milik KWT Budi asih walaupun sumber daya airnya masih minim tapi hasilnya lumayan bagus tapi masih perlu ada pengembangan dan pembinaan lagi pada Gapoktan di sini, saat ini mentimun sedang di panen. Sampai saat ini kondisinya lumayan bagus dan terawat,” kata Camat Jiput dalam penyampaiannya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Sukamanah, Sunarya mengatakan, saat ini ditempat tersebut minim sumber daya air hingga pihaknya masih mengadakan semacam ekperimen lantaran tidak semua tanaman cocok dengan tanah.

“Banyak yang sudah kami coba seperti padi, kacang panjang, dan sekarang mentimun hasilnya lumayan di panen tiap hari bisa memperoleh 7-10 kuintal. Insyaallah kedepannya di samping Budi daya kami akan mengadakan pembibitan, tentunya ini harus memiliki tenaga ahli kami sudah berkoordinasi dengan ibu camat insyaallah sudah di sediakan,” jelasnya.

Ketua KWT Ion mengatakan, di lokasi tersebut masih banyak kekurangan, masih banyak perlu perhatian pemerintah sampai saat ini belum pernah ada bantuan dari pihak manapun.

“Saung gubug yang ada saja dapat kami iuran para ibu-ibu KWT dengan cara swadaya, kami sudah banyak mencoba menanam seperti padi, kacang panjang, cabe, padi dan sekarang mentimun. Pungkasnya. (Ade M).

News Feed