Daerah

Wagub Sulsel Tinjau Lokasi Posko Bencana Sekaligus Beri Bantuan di Jeneponto

×

Wagub Sulsel Tinjau Lokasi Posko Bencana Sekaligus Beri Bantuan di Jeneponto

Sebarkan artikel ini

JENEPONTO, SEKILASINDO.COM – Wakil Gubernur Sulawesi-Selatan Andi Sudirman Sulaiman meninjau langsung lokasi pengungsian sekaligus memberikan bantuan kepada korban bencana banjir di Jeneponto, Senin (28/1).

Click Here
Simbolis Penyerahan Bantuan Korban Banjir & Longsor oleh Wagub Sul-Sel Andi Sudirman Sulaiman (photo : Ikbal)

Bupati Jeneponto Ikhsan Iskandar melaporkan kepada wagub sulsel Andi Sudirman sulaiman bahwa rumah yang hanyut sebanyak 75 unit, rumah rusak berat sebanyak 393 unit, rumah rusak ringan sebanyak 241 unit.

“Total yang meninggal sebanyak 14 orang laki-laki 9 orang, perempuan 5 orang, dan yang dinyatakan hilang 1 orang,” ucap Ikhsan Iskandar.

Sementara itu Sekda Jeneponto M Syafruddin menambahkan bahwa ada 26 unit sekolah yang mengalami kerusakan akibat musibah banjir tersebut.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, mewakili Pemerintah Provinsi Sulsel dan kabupaten/kota mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas perhatian dari Kementerian Sosial, dan Kementerian Pertanian, dan Dinas-dinas yang terkait kepada korban banjir yang ada di Sulsel.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga kami. Banjir ini adalah sebagai ujian dan bentuk kasih sayang Allah SWT kepada kita sebagai cobaan dan introspeksi diri kita,” ucap Andi Sudirman.

Kedepannya pemerintah provinsi akan berupaya melakukan pemulihan sesegera mungkin, termasuk mengupayakan bantuan-bantuan terhadap kerusakan-kerusakan yang timbul akibat banjir.

Setelah itu kata Andi Sudirman, jika sudah kembali normal akan diadakan kajian-kajian beberapa distribusi penyebab longsor, banjir dan sebagainya.

“Dari kajian ini kita akan lakukan mitigasi program-program untuk meminimalisir timbulnya bencana banjir yang serupa,” tambahnya.

Edukasi kepada masyarakat jyga penting terkait mitigasi becana.

“Serta juga penting berikan edukasi kepada masyarakat dan juga anak-anak kita bagaimana melakukan system savety terhadap situasi yang memungkinkan akan terjadi, sebagai bentuk pelajaran dan sebagai bentuk edukasi,” jelasnya.

Dalam tinjauan turut hadir Letkol Arh Sugiri Dandim 1425 Jeneponto untuk bencana ini dirinya sebagai Dansatgas, Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir, Sekda Jeneponto M Syafruddin.(iqbal)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d