oleh

Diduga Ini Penyebabnya Sehingga Atap Kubah Masjid Terbakar

LUWU,  SEKILASINDO. COM-Kebakaran di atap Kubah utama Masjid Agung Belopa, di Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Luwu, Sulawesi Selatan, pagi tadi menjadi perhatian warga (29/1/2019).

Salah seorang saksi mata ketua komisioner KPU kabupaten Luwu, Syamsir yang Kantornya berjarak sekitar 200 meter dari lokasi kebakaran Masjid Agung Belopa mengatakan sekitar pukul 10.45 wita dirinya sudah melihat api tiba tiba keluar dari atap kuba utama masjid dan sudah membesar

“Waktu saya keluar kantor melihat, api sudah mulai besar di kuba masjid itu sekitar pukul 10.54 Wita,” kata Komisiner KPU Luwu, Samsir.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran dibantu water canon Polres Luwu dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

Petugas terlihat kewalahan memadamkan kobaran api karenakan angin yang bertiup cukup kencang. Selain itu, titik api yang terlalu tinggi hingga tidak terjangkau oleh semprotan air mobil damkar. Baru sekitar beberapa menit kejadian, mobil water canon milik Polres Luwu berhasil menyentuh mata api.

Namun, upaya itu juga tidak segera membuahkan hasil. Sekitar pukul 11.37 api masih berkobar. Petugas damkar, aparat Polres Luwu dibantu masyarakat akhirnya berusaha memanjat lantai dua Masjid Agung Belopa dan menyemprot api.

Warga Belopa yang melihat kejadian ini ikut membantu dengan mengamankan barang-barang inventaris Masjid. Terlihat juga sejumlah pejabat Pemkab Luwu diantaranya Kabag Humas Luwu, Ansir Ismu ikut mengarahkan warga untuk membantu upaya pemadaman dan pengamanan inventasi masjid agar tidak ikut terbakar.

Belum diketahui secara pasti penyebab terbakarnya kubah utama Masjid Agung Belopa. pihak pemda. Namun menurut salah satu warga penyebab kebakaran diduga akibat korsleting arus pendek listrik. (Leo Lale)

News Feed