Daerah

Lurah Bajeng Bersama Warga, Manfaatkan Hari Minggu Untuk Kerja Bakti

×

Lurah Bajeng Bersama Warga, Manfaatkan Hari Minggu Untuk Kerja Bakti

Sebarkan artikel ini

TAKALAR, SEKILASINDO.COM – Kepala Kelurahan Bajeng di Kecamatan Pattalasang, Kabupaten Takalar, terlihat tak henti-hentinya melakukan bersih-bersih.

Click Here

Bersama warga, pembersihan dilakukan pada got yang tersumbat dan memotong rumput atau dedaunan yang tumbuh lebat di wilayahnya secara bergotong-royong.

Ini dibenarkan Kepala Kelurahan Bajeng, Syafaruddin T. S.Sos, menurutnya, hari minggu ini merupakan hari libur bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) tetapi baginya hari minggu merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan bersama masyarakat Bajeng.

“Alhamdulillah hari ini, kami telah melakukan kerja bakti di tiga tempat, seperti pembersihan dan pembenahan got di perumahan Pepabri Bajeng dan memotong rumput yang lebat dibeberapa titik di Keluran Bajeng,” ungkapnya, Minggu (20/1).

Tentunya ini salah satu cara untuk mencegah banjir di Kelurahan Bajeng dan bisa memperindah setiap halaman rumah.

“Minggu terakhir ini, kami juga telah melakukan kerja bakti di Perumahan Bontomate’ne sekaligus memetakan beberapa titik daerah bebas Asap Rokok,” kata Syafaruddin.

Kegiatan ini merupakan kesadaran masyarakat Bajeng yang telah memberikan dukungan penuh sehingga lahir Gerakan Masyarakat Bajeng Bersih (Gembasih) yang sejalan dengan program Nasional Kelurahan Sehat, tentunya untuk mencapai hidup sehat perlu lingkungan bersih.

“Kalau kita memiliki lingkungan bersih tentunya kita juga hidup sehat,” tandasnya.

Diketahui bahwa Kelurahan Bajeng pernah berhasil meraih Juara harapan I dalam Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2018 lalu.

Prestasi ini, kata Syafaruddin, bisa tercapai karena ada dukungan penuh dari Pemerintah dan masyarakat Takalar.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat, Daeng Ngewa salah satu warga Bajeng mengatakan sangat bangga memiliki Kepala Kelurahan yang dekat dengan warga dan punya kepedulian terhadap kebersihan.

“Seingat saya, barusan ada Lurah di Kelurahan Bajeng yang tidak gengsi melakukan kerja bakti dengan masyarakat, bahkan terkadang juga dia langsung membersihkan got sendiri, sehingga kita juga sebagai warganya merasa malu kalau kita tidak ikut kerja bakti,” ucap daeng Ngewa.

Kalau kita melihat Syafaruddin T, S.Sos, selaku Kepala Kelurahan Bajeng, memang bisa jadi Lurah percontohan se Kabupaten Takalar. Bahkan terkadang juga, biasa saya panggil pak Lurah Andalan, sebab dia sangat bermasyarakat dan selalu menjadi garda terdepan untuk menjaga kebersihan, keindahan dan keamanan di Kelurahan Bajeng, cetusnya Daeng Ngewa sambil tersenyum. (Suherman)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d