oleh

KM. Tiga Bersaudara Patah Kemudi, Crew dan Penumpang Berhasil diselamatkan oleh Tim SAR

AMBON, SEKILASINDO.COM – Tim Rescue Kantor SAR Ambon berhasil menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) maupun penumpang KM Tiga Bersaudara yang terombang-ambing di laut dekat Negeri Larike dan Asilulu, Kabupaten Maluku Tengah akibat patah kemudi, Jumat (18/1/2019).
Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin menjelaskan, kapal tersebut mengalami patah kemudi dalam pelayaran dari Namlea-Kabupaten Buru menuju Ambon.

“Setelah mendapat laporan, pukul 10.30 WIT, Tim Rescue Kantor SAR Ambon tiba di lokasi pencarian dan menemukan KM Tiga Bersaudaara dalam keadaan selamat. Kapal tersebut diawaki 7 ABK dan mengangkut 6 penumpang,” jelas Muslimin dalam rilisnya, Jumat (18/1/2019).

Tim SAR, katanya langsung mengevakuasi penumpang dan awak mengunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) 01 ke Negeri Ureng, Selanjutnya melalui jalur darat, dengan menggunakan mobil kantor SAR, enam orang penumpang dipulangkan ke rumah keluarganya di kawasan Kebun Cengkih – Ambon.

“Saat ini sesuai hasil koordinasi dengan nahkoda kapal, posisi kapal lego jangkar di perairan Negeri Asilulu, Kabupaten Maluku Tengah. Untuk sementara 7 ABK masih berada di kapal untuk memperbaiki kemudi yang patah. Setelah itu nantinya mereka akan melanjutkan perjalanan ke Kota Ambon,” kata Muslimin.

Ia menambahkan, saat proses evakuasi, di lokasi pencarian terjadi hujan ringan, dengan kecepatan angin 2 – 20 knot serta tinggi gelombang 2 meter.

KM Tiga Bersaudaara diawaki oleh Onon (40) sebagai nahkoda serta ABK yaitu Haju (37), Aci (25), Asdar (25), Saiful (25) , Hasim (37) dan Hasanudin (44).
Sementara penumpang terdiri dari Dambi (32), Narti (26) , Wa Dina (34), La Wiga (52), Andi (19) dan Lala (4)

News Feed