Daerah

4 Tokoh Perempuan Raih Gender Champions dalam Rangkaian Hari Ibu ke-90 di Bulukumba

×

4 Tokoh Perempuan Raih Gender Champions dalam Rangkaian Hari Ibu ke-90 di Bulukumba

Sebarkan artikel ini

BULUKUMBA, SEKILASINDO.COM – Pemerintah Kabupaten Bulukumba memberikan penghargaan Gender Champions kepada empat tokoh perempuan Bulukumba.

Click Here

Penghargaan tersebut diberikan dirangkaian peringatan Hari Ibu ke 90 yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, Kabupaten Bulukumba, Rabu (26/12/2018).

Keempat perempuan yang mendapatkan Gender Champion tersebut adalah almarhumah Hj. Rosna Rosman, yang merupakan istri Bupati AM Sukri Sappewali, Hj. Banri Alang, Dr. Andi Sumrah Pananrangi, dan Hj. Hartati.

Penghargaan diberikan karena keempatnya dinilai sebagai sosok yang intens memperjuangkan dan menyuarakan kesetaraan gender di Kabupaten Bulukumba.

Bupati AM Sukri Sappewali yang menyerahkan penghargaan kepada keempat tokoh perempuan tersebut berharap para perempuan untuk aktif mendampingi dan bersinergi dengan para laki-laki dalam menggerakkan pembangunan di Kabupaten Bulukumba.

Dia juga meminta agar istri para ASN di Bulukumba aktif dalam organisasi perempuan utamanya dalam kepengurusan Dharma Wanita.

“Di balik suami yang sukses ada istri yang mendukung,” kata AM Sukri Sappewali.

Peringatan Hari Ibu ini, lanjut Bupati dua periode ini mengingatkan dirinya kepada sang istri yang sudah meninggal, dimana semasa hidupnya berjuang bersama mendampingi dirinya, baik sebagai prajurit TNI maupun ketika menjadi politisi dan menjadi Bupati Bulukumba.

Menurutnya peringatan Hari Ibu sangat penting karena lebih tua dibanding peringatan HUT Proklamasi. Artinya kemerdekaan itu diraih atas peran dan jasa para kaum perempuan, khusus dari para tokoh perempuan yang menjadi pahlawan bangsa dan negara.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Ibu ke 90 Irmayanti Asnawi Bau Amal mengatakan tujuan peringatan Hari Ibu adalah untuk meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh panitia, meliputi anjangsana dengan memberi bantuan kepada lima Panti Asuhan serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan Taccorong dan Taman Makam Pahlawan Nasional H. Andi Sulthan Dg Radja di Ponre.

Salah satu acara yang cukup menarik dalam peringatan Hari Ibu kali ini adalah drama teatrikal dan puisi yang dipersembahkan oleh Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba. Drama dan puisi tersebut menceritakan kisah perjuangan almarhumah Hj. Rosna Rosman,istri Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali.(Alf/*)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d