EkBisLife Style

Penyaringan Air Limbah RS Maryam Dibuang Langsung ke Drainase, Apakah Berbahaya?

×

Penyaringan Air Limbah RS Maryam Dibuang Langsung ke Drainase, Apakah Berbahaya?

Sebarkan artikel ini

TAKALAR, SEKILAS INDONESIA.com – Penyaringan air limbah Rumah Sakit (RS) Maryam Citra Medika yang terletak di Lingkungan Biringbalang, Kelurahan Bajeng, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, dibuang langsung ke draninase. Warga Biringbalang mengatakan ada bau amis sering menyengat.

“Biasanya ada bau amis kalau kita duduk-duduk di depan rumah, harusnya air limbah itu jangan dibuang langsung ke drainase, apalagi disini rata-rata warga dipinggir drainase semua sumur bornya, jangan sampai masuk ke sumur itu air limbahnya Rumah Sakit,” ucap RN ke Wartawan, Rabu 26 Desembar 2018.

Click Here

Sementara itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lankorasham, Mukhawas Rasyid, SH, MH, menyayangkang pihak RS Maryamz karena air limbahnya dibuang ke drainase, sementara air drainase itu mengalir ke sawah-sawah warga Bajeng dan sekitarnya,” harusnya air limbahnya itu RS buatkan bak, atau dialirkan langsung ke bak WC,” kata Mukhawas Rasyid.

Direktur RS Maryam Citra Medika, dr. Andi Rivai yang dikonfirmasi Sekilas Indonesia.com, Rabu (26/12/2018), Mengatakan,” aturan air limbah Rumah Sakit beda dengan Puskesmas, kalau RS tidak dibuang ke bak WC, kalau Puskesmas dibuang ke bak WC, kira-kira begitu aturannya, tapi nanti saya cek lagi seperti apa aturan yang sebenarnya, “jelas dr. Andi Rivai.

Konfirmasi terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Takalar, Drs. Andi Rijal, saat di tanyai Wartawan diruangannya, Rabu (26/12/2018), berkait air limbah RS Maryam yang dibuang ke drainase mengatakan,”nanti saya panggil dinda pihak RS Maryam, kalau persolan air limbahnya apakah berbahaya atau tidak kita suruh cek nanti di Laboratorium di Makassar, kalau memang kandungan air limbahnya berbahaya nanti kita tegur, kalau sampai tiga kali kita tegur tidak mau mendengar kita pidanakan,” tegas Andi Rijal. (Ady)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d