oleh

Mengungkap Dugaan Manipulasi Dana Kandang Bantuan di Kecamatan Polut-Takalar

TAKALAR, SEKILAS INDONESIA-Bantuan dari Dirjen Kementrian Peternakan berupa kandang dan ayam yang terealisasi di 12 Desa, 6 Kelurahan Se-Kecamatan Polongbangkeng Utara (Polut), Kabupaten Takalar yang diperuntuhkan untuk Rumah Tanggga Miskin (RTM).

Total penerima bantuan di Kecamatan Polut sebanyak 1.500 Kepala Keluarga (KK), setiap RTM sendiri wajib menerima ayam sebanyak 50 ekor dan kandang ayam. Yang berarti semua barang dari pemerintah pusat merupakan hak dari RTM tersebut. Sementara anggaran untuk kandang sebesar Rp 500 Ribu perkandang.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh Sekilas Indonesia, Senin (29/10/2019) dari salah satu warga Kelurahan Malewang Arifuddin Daeng Kulle (50) menyatakan,” setahu saya untuk warga penerima bantuan berhak mendapatkan 50 ekor ayam, pakan ternak, serta kerangka kandang dan uang Rp 50 Ribu,” ungkapnya.

Lanjut Arifuddin Daeng Kulle,” katanya uang sebesar Rp 50 Ribu dipergunakan untuk ongkos pembuatan serta membeli bahan bambu untuk kandang tersebut, aneh saja jika isunya anggaran untuk kandang sendiri dari pemerintah yang digelontorkan sebesar Rp 500 Ribu, tapi disayangkan hampir semua tidak dirasakan oleh penerima RTM. Jika saya hitung dari ongkos yang diberikan oleh pendamping dari Kecamatan Polut jadi ya Kira-kira total Rp 350 Ribu saja, lalu sisa anggaran tersebut kemana?” ungkapnya.

Hasil pantauan Sekilas Indonesia, Senin, 29 Oktober 2019 di Kelurahan Malewang, ternyata penerima bantuan tersebut memang benar mendapatkan bantuan kandang sebanyak 83 Kepala Keluarga (KK),” Iye kandangnya sudah selesai tinggal tunggu ayamnya sebanyak 50 ekor,” kata warga yang minta namanya dirahasiakan.

Lanjut salah satu warga,” kalau dihitung secara menyeluruh dari 1.500 penerima RTM berarti dananya Rp 750.000.000 Juta, ada dugaan manipulasi dana kandang yang sogianya sebesar Rp 500 Ribu per-RTM kalau saya Hitung-hitung hanya sekitar Rp 600.000 000 Juta saja yang digunakan secara keseluruhan berarti masih ada kekurangan uang sekitar Rp 150.000.000 Juta yang harus dipertanyakan itu siapa yang ambil?” ungkap sumber.

Pendamping RTM Kecamatan Polut, Minalia yang di konfirmasi Sekilas Indonesia, (29/10) melalui sambungan telepon selulernya mengatkan,”silahkan kita konfirmasi Pak Camat,” singkatnya.

Kepala Bidang Peternakan Kabupaten Takalar, Dody yang berusaha dikonfirmasi melalui Telepon selulernya, Senin (29/10/2018) enggang diangkat.(Ady Emba)

News Feed