oleh

SMPN 2 Sinjai Tengah, Dapat Bantuan Rujukan dari Pusat

SINJAI, SEKILASINDO.COM-Kepala SMPN 2 Sinjai Tengah, Syarifufdin, memaparkan bahwa sekolah rujukan merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kemendikbud untuk serial jenjang pendidikan.

SMP rujukan merupakan dana bantuan yang secara khusus digunakan untuk pengembangan penyelenggaraan pendidikan bermutu yang memenuhi standar nasional pendidikan, pelaksanaan kebijakan dan pengembangan keunggulan sekolah.

Selanjutnya sekolah tersebut diharapkan mampu menjadi pelopor pelaksana kebijakan, pengembang keunggulan dan keunikan serta praktik baik sehingga dapat menjadi rujukan bagi SMP yang lain,” ujarnya,Kamis (11/20).

Sekolah rujukan adalah satuan pendidikan yang telah terakreditasi A, mengembangkan ekosistem pendidikan, budaya mutu, penumbuhan budi pekerti yang dapat dirujuk sebagai contoh bagi sekolah-sekolah lain.

“Adapun indikator sekolah rujukan adalah, terakreditasi, memiliki ekosistem pendidikan yang kondusif, memiliki budaya mutu, melaksanakan program budi pekerti, pusat keunggulan, lokasi yang strategis, mudah dijangkau dan aman. Keenam indikator itu dimiliki oleh SMPN 2 Sinjai tengah. Ungkapnya

Dikatakan, sebagai sekolah rujukan, SMPN 2 Sinjai tengah berhak mendapatkan dana Bantah berupa bantuan subsidi untuk pengembangandan pembinaan sekolah rujukan.

Adapun bantuan tersebut, adalah untuk mendorong sekolah untuk meningkatkan mutu pemenuhan standar nasional pendidikan, meningkatkan mutu prndidikan, baik dalam skala nasional, regional maupun internasional, menumbuhkembangkan praktik-praktik penyelenggaraan pendidikan yang dapat dirujuk sekolah lain, memperluas dan mempercepat ketersediaan pelayanan pendidikan yang bermutu tinggi, memberdayakan sekolah sebagai pelopor dan pengembang praktik-praktik baik sebagai rujukan bagi SMP lainnya.

“Dana tersebut digunakan untuk program-program yang mendukung tujuan program sekolah rujukan sesuai dengan enam indikator yang telah ditetapkan. Dengan adanya program ini, diharapkan akan lebih banyak lagi sekolah-sekolah unggulan di Kabupaten Sinjai tercinta ini,” ungkapnya.(Aswin Rasyid )

News Feed