oleh

TNK bersama Mitra Keluarkan Ratusan Kilo Sampah Dari Dalam Kawasan Komodo

LABUANG BAJO, SEKILASINDO.COM Taman Nasional Komodo (TNK) pada hari Kamis 4/10/2018 berhasil mengeluarkan sebanyak 317 kg sampah plastik dari Taman Nasional Komodo.

Sampah sebanyak ini dikeluarkan bersama mitra antara lain Trash Hero, P2L, WWF, TNI, Pemda Mabar, masyarakat, serta didukung oleh Ditjen PSLB3 diambil dari tiga lokasi yakni Padar Selatan, Pink Beach dan Gililawa.

Kegiatan Bersih TNK bersama Mitra tidak hanya dilakukan di daratan, bahkan aksi bersih sampah juga dilakukan di bawah laut tepatnya di Perairan Pantai Merah.

“ Sampah-sampah yang dikumpulkan dari bawah laut sebagian besar merupakan pecahan gelas dan botol. Kami pilah dulu sebelum dibawa ke Labuan Bajo “, ujar Budi Kurniawan, Kepala BTNK.

“ Yang recycle seperti botol plastik kemudian dibawa ke TPS 3R sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang langsung ke TPA “, tambah Budi pula.

Kegiatan Bersih Pantai Bersama Mitra ini, lanjut Budi Kurniawan, selain merupakan kegiatan rutin yang dilakukan juga dilakukan dalam rangka menyambut kunjungan peserta IMF-WB ke TNK pada pertengahan Bulan Oktober ini.

“ Kami berterimakasih kepada kita semua yang hari ini ikut terlibat. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap lingkungan “, kata Budi.

“ Taman Nasional Komodo milik kita bersama, jadi mari kita tunjukkan kepedulian demi kelestariannya”, pungkas Budi Kurniawan, Kepala Balai Taman Nasional Komodo.

Bersih Sampah Bersama Mitra merupakan salah satu skema penanganan sampah di Taman Nasional Komodo. Skema lainnya dengan membentuk Masyarakat Peduli Sampah (MPS) di Desa Komodo, Pasir Panjang dan Papagarang.(Mu)

News Feed