Hot News

Gempa Bumi Tektonik 4,8 Maknitudo Mengguncang Bulukumba

×

Gempa Bumi Tektonik 4,8 Maknitudo Mengguncang Bulukumba

Sebarkan artikel ini

BULUKUMBA, SEKILAS INDONESIA – Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Tenggara Kabupaten Bulukumba Sulsel pada hari Minggu tanggal 7 Oktober 2018.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa pada pukul 14:40:32 WITA dengan episenter 5.70 LS- 120.67 BT sekitar 59 km Baratlaut Tenggara Bulukumba, Sulawesi Selatan berkekuatan M=4.8.

Click Here

Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae di wilayah Bulukumba-Sulawesi Selatan.

Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan keras dirasakan di wilayah Bulukumba, Selayar dan Bantaeng dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Berdasarkan Pengamatan hingga pukul 16.30 wita, terdapat 2 kali gempa susulan dengan kekuatan M 2.5 pada 15:05:05 WITA dan M 4.4 pada pukul 15:39:27 WITA (dirasakan di Bulukumba, Selayar dan Bantaeng dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI)).

Menurut Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Joharman, SH, MM menghimbau agar Masyarakat tetap tenang dan tetap menunggu informasi dari BMKG. Demikian Informasi awal yang dapat kami sampaikan.

Penulis : Sukri
Editor : Ady

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d