oleh

Dinkes Takalar Utamakan Pemeriksaan Kesehatan Korban Palu dan Donggala

TAKALAR, SEKILAS INDONESIA – Dinas kesehatan Kabupaten Takalar melalui Puskesmas siap melakukan home care dan home visit terhadap korban bencana alam dari Palu dan Donggala yang sudah balik ke Kabupaten Takalar.

Foto, salah satu petugas kesehatan sedang memeriksa bayi warga Takalar yg selamat dari gempa dan tsunami Palu-donggala.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar dr. Nilal Fauziah M. Kes, menjelaskan bahwa Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini akan dilaksanakan oleh seluruh puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan lingkup Dinas kesehatan kab. Takalar.

“Kita ingin para korban yang baru saja dipulangkan dari Palu dan Donggala mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan perawatan baik kepada yang sehat maupun yang menderita sakit,”Kata Nilal Via WhatsApp, Kamis (4/10/2018).

Lanjut kata Dia, selain memeriksa kesehatan, juga memberikan konseling terhadap mental korban agar mereka tidak trauma terhadap bencana yang baru saja dialami seperti yang dilaksanakan oleh puskesmas pattalassang di lingkungan Pappa kelurahan Pappa yang melakukan home visit terhadap 7 orang korban bencana alam yang baru datang dari palu.

“Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan perawatan kesehatan terhadap keluarga korban bencana, hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah mereka itu menderita penyakit ataukah perlu perawatan kesehatan lebih lanjut,”Urainya.

Saat ini warga Takalar yang baru dipulangkan dari Palu dan Donggala baru sekitar 7 orang, tidak menutup kemungkinan masih banyak warga Takalar di daerah bencana alam tersebut yang ingin kembali ke daerah asalnya.

Penulis : Sukri

Editor : Ady

News Feed