Life Style

Menikah dengan Anggaran Terbatas, Pengeluaran Ini Bisa Dipangkas

×

Menikah dengan Anggaran Terbatas, Pengeluaran Ini Bisa Dipangkas

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, SEKILAS INDONESIA – Mempersiapkan pernikahan bukanlah suatu hal yang mudah, terutama bagi pasangan yang sudah memiliki pernikahan impiannya. Biaya untuk memiliki pernikahan yang mewah dan indah bisa puluhan hingga ratusan juta, atau bahkan miliaran rupiah.

Namun, bila Anda dan pasangan memiliki anggaran kecil, bukan berarti pernikahan harus menjadi kacau atau tidak akan sesuai dengan yang diinginkan. Hal paling penting untuk pasangan yang memiliki anggaran kecil adalah mengetahui pengeluaran apa yang bisa dikurangi.

Click Here

Representatif dari The Bride Dept, Friska Ruslim, menjelaskan kalau ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi pengeluaran tanpa mengubah pernikahan impian.

“Undangan itu salah satu sumber pengeluaran yang besar untuk pernikahan. Bila tidak terlalu dekat, ya tidak perlu diundang. Atau kalau mau membuat akad nikah yang hanya untuk keluarga dan teman terdekat dan baru mengundang yang lain saat resepsi,” ujar Friska di Jakarta Pusat, Jumat, 24 Agustus 2018.

Tidak hanya itu, pengeluaran untuk pernikahan bisa dikurangi dari Wedding Organizer (WO). Friska menjelaskan kalau ada WO untuk seluruh perencanaan pernikahan yang biasanya akan mengambil jauh lebih banyak pengeluaran, atau ada juga WO untuk hari pernikahan saja.

Bila sebagai pengantin mendapat banyak bantuan dari pasangan, keluarga, dan teman dekat, dan merasa bisa mengurus semua persiapan sendiri, Anda bisa memilih WO untuk hari pernikahan saja dan hal tersebut akan mengurangi pengeluaran.

“Banyak kok pasangan yang lebih sadar dengan pengeluaran pernikahan sekarang dan mengetahui prioritas masing-masing. Terkadang pasangan muda lebih memilih untuk menyimpan uangnya untuk membangun rumah atau untuk keluarga nanti,” lanjut Friska.

Ada persepsi yang merasa kalau pernikahan di luar ruangan lebih murah, padahal bisa saja sama dengan pernikahan di ballroom. Jadi, bila ingin mengurangi pengeluaran untuk pernikahan, sebaiknya mengurangi tamu yang diundang dan pemilihan WO untuk hari pernikahan saja.(tempo.co)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d