oleh

Tadangate Institute dan Apensib Gelar Lomba Tradisional

MAMUJU, SEKILAS INDONESIA-kegiatan pertandingan tradisional merupakan kegiatan sangat seru dan menarik perhatian. kegiatan ini ditempatkan di lokasi Tadangate institute pada sabtu (25/8/2018)

Kegiatan tersebut akan menjadi momentum bagi masyarakat desa Botteng utara,kab. Mamuju sehingga anak-anak yang tergabung dalam institute tadangate bersemangat mengikuti kegiatan. mengingat bahwa kegiatan seperti itu adalah kegiatan tradisional bagi masyarakat desa Botteng utara dan begitupun dengan daerah-daerah lain akan tahu kegiatan seperti itu, melalui kegiatan tersebut anak-anak akan lebih kenal dan lebih akrab memainkan kembali permainal dahulu kala lagi.

Dalam kegiatan ini ada 5 cabang kegiatan yang akan dipertandingkan diantaranya, lomba Ressu (main maling), lomba main gasing, lomba tekka, lomba main tali dan lomba futsal putra-putri, juga merupakan permainan yang sangat seru sehingga masyarakat sekitar ikut meramaikan untuk menyaksikan pertandingan yang sedang berlangsung.

Dan ini merupakan sebuah fenomena yang menarik, karena permainan tersebut juga cukup unik. Ke unikannya berbeda dengan permainan seperti yang dilihat di masa sekarang ini. Sekarang permainan yang sering dilihat hanya bermain lewat handphone sehingga dikatakan sekarang adalah zaman millenial yang hanya tunduk pada teknologi, hal yang tidak sewajarnya ditinggalkan itu sudah terlupakan dengan adanya teknologi yang dapat merusak generasi muda.

Mengingat sekitar 10 tahun yang lalu permainan seperti itu sangat dikemari oleh anak-anak ataupun pemuda desa Botteng utara dan sekitarnya, dalam permainan itu banyak hikmah yang bisa di dapat seperti hal awalnya, belum akrab satu dengan yang lain bahkan sebelumnya sering ada perkelahian. dengan adanya kegiatan tradisional akan bisa akrab dan saling kenal lebih dalam lagi.

Seperti yang diungkap oleh salah satu pengurus Institute tadangate sekaligus pengurus apensib yang bernama siti zahrah mengatakan ” bahwa kegiatan ini kami sengaja adakan untuk memberi rasa semangat terhadap adek-adek institute tadangate, karena kegiatan ini tidak hanya berfokus pada satu bidang saja seperti keagamaan,belajar bhs inggris akan tetapi kami juga adakan seperti ke olahragaan dalam hal permainan tradisional” ucapnya siti zahrah S.E pada sekilas Indonesia

Lanjutnya permainan ini sangat bagus dan kami anggap bahwa ini merupakan tradisi kami,disamping itu kita tidak fikir soal hadiah namun yang kita fikirkan adalah bagaimana cara kita bisa membentuk karakter adek-adek,memberikan support sehingga bisa semangat lagi. lewat kegiatan seperti ini cukup sederhana namun banyak makna dari kegiatan tradisional yang kami gelar ini dapat menggambarkan karakter yang baik,menggambar nilai-nilai kebersamaan dan nantinya kami akan adakan lagi kegiatan yang lebih seru lagi.

Penulis : Firman

Editor : AR

News Feed