Advertorial

Kemenhub Konsen Membangun Infrastruktur Di Selayar

×

Kemenhub Konsen Membangun Infrastruktur Di Selayar

Sebarkan artikel ini

SELAYAR, SEKILAS INDONESIA- Kata bijak “Setiap musibah pasti ada hikmahnya”, pantaslah kita katakan untuk Masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar. Pasca musibah KMP Lestari Maju, yang menjadi pembelajaran mahal, mendorong Kementerian Perhubungan menaruh perhatian penuh di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Click Here

Setelah membuka kegiatan Bimtek keselamatan pelayaran, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berjanji akan menjadikan Selayar sebagai percontohan Pelabuhan Penyeberangan kapal Roro (roll on rooll off).

“Saya ditugaskan langsung untuk meninjau pelabuhan Pamatata Pak Wabup, ini terkait pembangunan infrastruktur pelabuhan Pamatata, langkah Bapak Menhub untuk meluncurkan quick win sebagai wujud hadirnya pelayanan angkutan penyeberangan yang baik”, ungkap Direktur Pembinaan Keselamatan Transportasi disela kunjungan kerjanya di Selayar didampingi oleh Kepala BPTD Wilayah XIX Sulselbar, Benny Nurdin Yusuf.

Kunjungan Direktur Pembinaan Keselamatan Transportasi langsung diterima oleh Wakil Bupati Selayar, Zainuddin, pada hari Idul Adha dalam suasana lebaran, rabu (22/8).

Zainuddin menyampaikan bahwa pelabuhan penyeberangan Pamatata yang menjadi tumpuan masyarakat Selayar menjadi penting, mengingat semua pergerakan darat masuk di Selayar melalui pelabuhan ini.

Kami berharap agar dapat diberikan bantuan kapal sampai 3 unit untuk melayani Bira-Pamatata dan bisa segera direalisasikan. “Kemarin waktu Pak Menhub di Selayar sudah janji untuk penambahan kapal”, ujar Wakil Bupati yang getol memperjuangkan pelabuhan penyeberangan Pamatata untuk dibangun oleh Kementerian Perhubungan.

Risal Wasal, sapaan akrab Dirbinkes menyambut baik niat Pemkab Kepulauan Selayar dan mengatakan bahwa disamping penataan pelabuhan penyeberangan, juga akan hadirkan kapal yang memenuhi standar keselamatan yang tinggi.

Benny menambahkan, bahwa dengan adanya 2 kapal dengan sistem crossing saat ini sudah cukup, namun bila terjadi lonjakan seperti hari raya keagamaan dan juga jika ada trouble atau docking salah satu kapal, dengan 3 kapal maka tentu tidak mengganggu pelayanan. “Trade follow the ship, ship follow trade” jadi akan diupayakan ada 3 kapal yg melayani sehingga mendorong bangkitan arus barang dan orang.

Risal mengatakan, bahwa quick win ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi Masyarakat Selayar. “Kami konsen betul, Selayar ini memilki potensi alam yang luar
biasa, apalagi Selayar ini salah satu akses yg menghubungkan Sulawesi Selatan dengan NTT, maka ini harus menjadi tanggung jawab kita semua”, ujar Dirbinkes Ditjen Perhubungan Darat.

Saat ditanya tentang figur Gubenur terpilih, Kepala BPTD Wil.XIX, Benny mengatakan, bahwa kenal dengan sosok beliau dalam membangun suatu daerah. Olehnya, Benny yakin bahwa dengan kepemimpinan beliau, sinergi antara Pusat dan Daerah dalam hal ini Kemenhub dengan Pemrov Sulsel dalam membangun Selayar akan lebih baik lagi.

Tempo hari saya sempat ngobrol sama beliau dan memang beliau akan bangun Selayar, kedepan disamping penyeberangan, beliau ingin menghadirkan kapal cepat yang melayani Bantaeng-Benteng, Selayar, dan berharap Investor segera datang ke Selayar untuk membangun fasilitas pendukung seperti Hotel,
“Harus ada hotel bagus Ben di Selayar”, tutur Benny menirukan pesan Nurdin Abdullah.

Penulis : Rey
Editor : Rin

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d