oleh

Tekan Ojol, Warga Malaysia Bebas Naik Bus dan Kereta Rp350.000/Bulan

JAKARTA, SEKILASINDO.COM – Menteri Transportasi Malaysia Anthony LokeSiew Fook mengungkapkan, Malaysia akan menerapkan sistem transportasi unlimited. Dengan membayar RM100 atau setara Rp350.000 (kurs Rp3.500/RM) per bulan, masyarakat Malaysia bebas menggunakan bus dan kereta.

Melansir Business Insider, Jumat (3/8/2018), rencana ini masuk dalam salah satu janji dari Pakatan Harapan yang dibuat pada pemilihan umum ke-14 awal tahun 2018.

Meskipun kebijakan ini akan memberikan pengaruh pada keuangan pemerintah, Loke mengatakan, rencana kebijakan ini sudah ditinjau dan akan diterapkan mulai awal 2019.

Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk mendorong masyarakat Malaysia menggunakan transportasi publik daripada menggunakan mode perjalanan lainnya. Loke juga mengungkapkan dirinya merasa tidak nyaman dengan layanan transportasi berbasis online yang menggunakan kendaraan pribadi sebagai angkutan umum.

Secara khusus, dia tidak begitu setuju dengan transportasi transportasi online atau di Indonesia dikenal dengan ojek online (ojol) yang menggunakan sepeda motor. Sebab, menurutnya tingkat kecelakaan sepeda motor cukup tinggi. Oleh karena itu, Loke mengatakan akan meninjau ulang izin sepeda motor sebagai angkutan umum di Malaysia.

Sumber : OkeZone

Editor : Admin

News Feed