oleh

Saham Apple Meroket, Tembus USD1 Triliun

JAKARTA, SEKILASINDO.COM Apple baru saja menjadi perusahaan Amerika Serikat yang diperdagangkan secara publik pertama yang mencapai market cap USD1 triliun.

CNN melaporkan, iPhone mencapai angka besar pada hari Kamis (2/8) ketika sahamnya melewati USD207,04 per saham. Tahun ini Apple naik lebih dari 20 persen.

Saham melonjak setelah Apple melaporkan laba yang melampaui perkiraan dan prospek yang sehat pada Rabu lalu.

Meskipun beberapa orang berpikir Apple (AAPL) membutuhkan produk baru untuk mempertahankan penjualan dan keuntungan yang sedang mengemuka, Apple naik melampaui level triliun berkat penjualan yang solid dari iPhone 8 dan X, khususnya di China dan Jepang, serta pendapatan layanan yang melonjak dari App Store.

Apple juga mendapat manfaat dari euforia investor di sekitar sektor teknologi, dan itu bisa segera memiliki perusahaan di klub triliun dolar.

Amazon (AMZN), pemilik Google Alphabet (GOOGL) dan Microsoft (MSFT) juga mencapai rekor tertinggi tahun ini. Amazon bernilai hampir USD900 miliar sementara Google dan Microsoft masing-masing sekarang bernilai lebih dari USD800 miliar.

Apple bukanlah perusahaan publik pertama di dunia yang melampaui angka triliun dolar.

Raksasa minyak PetroChina (PTR) secara singkat mencapai valuasi triliun dolar pada 2007 ketika sahamnya mulai diperdagangkan di Shanghai, tetapi sahamnya dengan cepat jatuh setelahnya. PetroChina, yang juga terdaftar di Bursa Saham New York, sekarang bernilai sekitar USD205 miliar. 

Sumber : CNN

Editor : Admin

News Feed