oleh

Masih Ada 156 Pendaki Warga Negara Asing yang Terjebak di Rinjani

LOMBOK, SEKILASINDO.COM – Proses evakuasi masih terus dilakukan terhadap 560 pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani akibat gempa di Lombok Timur, NTB. Dari jumlah itu, rupanya masih ada 156 pendaki yang merupakan warga negara asing yang masih terjebak.
“Hasil monitoring kami ada 165 orang yang warga negara asing. Ada dari Thailand, kemungkinan warga negara Amerika, dan yang lain,” kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono, saat ditemui di Kantor TNGR, Sembalun, NTB, Senin (30/7).

Tim SAR gabungan dari Polri, TNI, dan Mapala hari ini juga fokus menyuplai makanan kepada para pendaki yang masih terjebak. Tim menggunakan helikopter Mabes Polri untuk mendistribusikan makanan kepada para pendaki.
Sedangkan penggunaan helikopter untuk mengevakuasi pendaki masih perlu pendalaman lebih lanjut.
“Tentu saja akan ditentukan oleh kawan-kawan yang ada di lapangan, apakah perlu helikopter atau apa. Kami tidak bisa menentukan di sini,” papar Sudiyono.

Dia menambahkan, terdapat seorang pendaki yang meninggal dunia yang belum dievakuasi. Berdasarkan laporan di lapangan, pendaki asal Makassar itu jaraknya tak terlalu jauh dengan Sembalun, sehingga akan dievakuasi bersamaan.
“Jenazah itu lebih dekat ke arah Sembalun, akan dievakuasi juga. Tapi prioritas lebih ke suplai makanan dan perkembangan kesehatan pendaki,” katanya.

SUMBER

Editor : Hr

News Feed